TOP NEWS

2009/05/23

Apa Virus Itu?


VIRUS adalah suatu aplikasi yang dapat mereplikasi diri dalam suatu jaringan komputer, bersifat merusak dan memiliki kemampuan untuk menginfeksi file lain menjadi memiliki sifat-sifat yang sama seperti dirinya. Virus akan mengubah ukuran program yang terinfeksi tanpa mengubah tanggal modifikasi suatu aplikasi.
Sekarang ini kebanyakan user (pengguna komputer) kurang mengerti akan bahayanya virus- virus yang dapat menyerang komputer. Padahal virus dapat mudah sekali menyebar melalui alat-alat penyimpanan data seperti Removable Disk (Sering dikenal dengan sebutan flash disk), disket, dsb. Apabila media penyimpanan ini (Removable disk, dsb) Terkena virus dan kemudian di akses oleh user, maka virus tersebut akan aktif di komputer user tersebut.

Virus di komputer biasanya sangat cepat menggandakan diri dan penyebarannya ke setiap direktori juga sangat cepat. Virus dapat merusak program aplikasi, merusak data, bahkan ada yang sampai merusak hardware. Karena biasanya virus yang telah aktif dalam komputer akan langsung bereaksi dengan menginfeksi file, memory, dan menginfeksi registry.

Untuk mencegah virus masuk ke komputer anda, sebaiknya anda memasang program antivirus. Apapun jenis/ merek program antivirus yang anda gunakan, bukanlah suatu masalah, yang penting program antivirus tersebut selalu di update, sebab percuma saja bila menggunakan antivirus yang expired. Bagi komputer yang mempunyai akses langsung ke internet, selain antivirus, juga harus ditambah dengan firewall (pastikan juga bahwa firewall telah dinyalakan pada saat koneksi ke internet).

Jika komputer anda telah terjangkit virus, jangan khawatir! segeralah meng-install antivirus yang up to date, kemudian lakukanlah scan virus pada setiap direktory. Apabila ada data yang telah terhapus oleh virus, anda masih mungkin bisa mengembalikan data tersebut dengan cara menggunakan software untuk me-recovery data. Kalaupun komputer anda harus di format ulang karena virus yang ‘ganas’, sebaiknya anda mem-back up data-data terlebih dahulu sebelum meng-install ulang, setelah install ulang selesai, anda dapat mengembalikan data-data yang di back up tadi, setelah itu pasang antivirus dan meng-update-nya secara rutin.

0 komentar: